Selasa, 06 April 2010

Yesus Bukan Allah Tetapi Tuhan?

Beredarnya buku yang berjudul: Yesus Kristus Bukan Allah, tapi Tuhan, karangan Ellen Kristi, Penerbit Borobudur Indonesia, barangkali membuat pembaca bingung. Semua argumentasi yang dikembangkan di dalam buku tersebut bermuara kepada satu titik yakni Allah pasti Tuhan, tetapi Tuhan belum tentu Alllah, Tuhan tidak sama dengan Allah, Yesus bukan Allah tapi Tuhan. Jadi, Yesus tidak sama dengan Allah, atau bukan Allah.


Menarik bahwa perkataan/judul buku saudara Ellen Kristi di atas tidak terdapat dalam Alkitab. Alkitab, dalam secuil ayat pun, tidak memuat kalimat: “Yesus Kristus Bukan Allah, tapi Tuhan”. Sejalan dengan itu, Alkitab juga tidak pernah berkata/memberi pernyataan: Yesus bukan Allah.

Dalam Alkitab justeru tercatat: Yesus adalah “Tuhanku dan Allahku” (Yohanes 20:28). Amat mengejutkan bahwa Alkitab secara lebih detail memuat pernyataan: “Tuhan adalah Allah”, “Tuhan Allah”, dimana kedua pernyataan itu lebih banyak daripada pernyataan “Allah Tuhan”.


1. Tuhan adalah Allah

a. Tuhan adalah Allah yang besar (Mazmur 95:3)
b. Tuhan adalah Allah yang adil (Yesaya 30:18. )
c. Tuhan adalah Allah yang benar (Yeremia 10:10)
d. Tuhan adalah Allah yang hidup dan Raja yang kekal (Yeremia 10:10)
e. Tuhan adalah Allah pembalas (Yeremia 51:56)
f. Tuhan adalah Allah (Zakharia 13:9)

Kalau Anda mengatakan bahwa “Yesus Kristus Bukan Allah Tapi Tuhan“, maka amat menarik untuk diperbincangkan. Kelima pernyataan di atas langsung diambil dari Alkitab. Jawaban dari Alkitab atas pertanyaan: apakah Tuhan itu?. Jika Yesus adalah Tuhan, maka berdasarkan definisi Alkitab itu, maka “Yesus adalah Allah yang besar” “Allah yang adil”, “Allah yang benar”, “Allah yang hidup dan Raja yang kekal”, “Allah Pembalas, “dan adalah Allah”


2. Tuhan Allah

Perjanjian Lama

• Kejadian 2:4. TUHAN Allah menjadikan bumi dan langit,
• Kejadian 2:7 TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya,
• Kejadian 2:9 TUHAN Allah menumbuhkan berbagai-bagai pohon dari bumi
• Yosua 23:10 TUHAN Allahmu, Dialah yang berperang bagi kamu, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu.
• II Samuel 7:22 Engkau besar, ya Tuhan ALLAH, sebab tidak ada yang sama seperti Engkau dan tidak ada Allah selain Engkau menurut segala yang kami tangkap dengan telinga kami.
• Tawarikh 16:35 TUHAN Allah, Penyelamat kami
• I Tawarikh 28:20 TUHAN Allah, Allahku, menyertai engkau
• Mazmur 84:12 TUHAN Allah adalah matahari dan perisai
• Yesaya 12:2 TUHAN ALLAH itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku." Yesaya 25:8 Tuhan ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya. Yesaya 26:4 TUHAN ALLAH adalah gunung batu yang kekal. Yesaya 40:10 Lihat, itu Tuhan ALLAH, Ia datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya Ia berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh-Nya berjalan di hadapan-Nya. Yesaya 48:16. Mendekatlah kepada-Ku, dengarlah ini: Dari dahulu tidak pernah Aku berkata dengan sembunyi dan pada waktu hal itu terjadi Aku ada di situ." Dan sekarang, Tuhan ALLAH mengutus aku dengan Roh-Nya. Yesaya 61:1. Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi akuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, Yesaya 61:11 Tuhan ALLAH akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa-bangsa. Yeremia 14:22 TUHAN Allah kami, Pengharapan kami
• Yeremia 32:17 Tuhan ALLAH! Sesungguhnya, Engkaulah yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-Mu yang besar dan dengan lengan-Mu yang terentang. Tiada suatu apapun yang mustahil untuk-Mu!
• Yehezkiel 12:28 Apa yang Kufirmankan akan terjadi, demikianlah firman Tuhan ALLAH." Yehezkiel 24:14 Aku akan menghakimi engkau menurut perbuatanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH." Yehezkiel 37:12 Tuhan ALLAH: Sungguh, Aku membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu, hai umat-Ku, dari dalamnya, dan Aku akan membawa kamu ke tanah Israel.
• Amos 3:7 Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi.
• Amos 4:2 Tuhan ALLAH telah bersumpah demi kekudusan-Nya: sesungguhnya, akan datang masanya bagimu, bahwa kamu diangkat dengan kait dan yang tertinggal di antara kamu dengan kail ikan. Amos 7:2 "Tuhan ALLAH, berikanlah kiranya pengampunan! " Amos 9:5 Tuhan ALLAH semesta alamlah yang menyentuh bumi,
• Mikha 1:2 Biarlah Tuhan ALLAH menjadi saksi terhadap kamu, yakni Tuhan dari bait-Nya yang kudus. Mikha 4:5 Kita akan berjalan demi nama TUHAN Allah kita untuk selamanya dan seterusnya.
• Zefanya 1:7. Berdiam dirilah di hadapan Tuhan ALLAH! Zefanya 3:17 TUHAN Allahmu ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Zakharia 9:14 Tuhan ALLAH akan meniup sangkakala dan akan berjalan maju dalam angin badai dari selatan.

Perjanjian Baru
• Tuhan Allah kita (Kisah Para Rasul 2:39).
• Tuhan Allah akan membangkitkan kamu (Kisah Para Rasul 3:22)
• Tuhan Allah kita, itu esa (Markus 12:29)
• Tuhan Allah akan mengaruniakan (Lukas 1:32)
• Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang (Wahyu 1:8)
• f. Yang Mahakuasa (Wahyu 1:8)
• Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang (Wahyu 4:8)
• Tuhan Allah yang menghakimi adalah kuat (Wahyu 18:8)
• Tuhan Allah akan menernagi mereka (Wahyu 22:5)

Jika benar Anda menyatakan bahwa “Yesus adalah Tuhan”, maka konsekwensi yang harus anda terima: Yesus adalah Allah yang menjadikan bumi dan langit, Allahmu: Penyelamat, yang menyertai engkau, matahari dan perisaimu, kekuatan dan mazmurmu, keselamatanmu, ALLAH akan menghapuskan air mata dari pada segala muka; dan aib umat-Nya akan dijauhkan-Nya dari seluruh bumi, sebab TUHAN telah mengatakannya, gunung batu yang kekal. Allah yang datang datang dengan kekuatan dan dengan tangan-Nya.Allah yang berkuasa. Allah yang akan menumbuhkan kebenaran, dan puji-pujian, Pengharapan kami. ALLAH! yang telah menjadikan langit dan bumi dengan kekuatan-Mu yang besar. Allah yang akan menghakimi engkau menurut perbuatanmu, Allah yang membuka kubur-kuburmu dan membangkitkan kamu. Allah yang akan membawa kamu ke tanah Israel. ALLAH yang tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi. Allah yang telah bersumpah demi kekudusan-Nya. Allah yang memberikan pengampunan. Allah yang menjadi saksi terhadap kamu, yakni Tuhan dari bait-Nya yang kudus. Allahmu yang ada di antaramu sebagai pahlawan yang memberi kemenangan. Allah kita, Allah yang akan membangkitkan kamu, Allah kita, itu esa, Allah yang akan mengaruniakan, Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang, Yang Mahakuasa, Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang, Allah yang menghakimi adalah kuat, Allah yang akan menerangi.


3. Allah Tuhan

• Habakuk 3:19 ALLAH Tuhanku itu kekuatanku
• Efesus 1:17 Allah Tuhan kita Yesus Kristus

Yesus kerap diberi gelar Tuhan. Ketiga point di atas mempertegas apa yang dimaksud dengan “Tuhan”. Tuhan adalah Allah. Jika gelar Tuhan dikenakan kepada Yesus, maka itu berarti Yesus adalah Allah. Alkitab tidak pernah memberikan satu pun pengertian bahwa “Tuhan adalah tuan”. Yang dikemukakan oleh Alkitab ialah “Tuhan adalah Allah”.

1 komentar:

  1. Sekilas info...
    Saat kapanpun KeilahianYesusKristus juga RohKudus bisa disebut Allah, (hanya jika berdasarkan KualitasKeilahian)
    Demikian juga saat kapanpun Yesus juga RohKudus bisa disebut Utusan, (hanya jika berdasarkan “selain” dalam hal KualitasKeilahian.
    14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.
    14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya."
    +++
    16:26 Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Dan tidak Aku katakan kepadamu, bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa,
    16:27 sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya, bahwa Aku datang dari Allah.
    ---
    5:3 Tetapi Petrus berkata: "Ananias, mengapa hatimu dikuasai Iblis, sehingga engkau mendustai Roh Kudus dan menahan sebagian dari hasil penjualan tanah itu?
    5:4 Selama tanah itu tidak dijual, bukankah itu tetap kepunyaanmu, dan setelah dijual, bukankah hasilnya itu tetap dalam kuasamu? Mengapa engkau merencanakan perbuatan itu dalam hatimu? Engkau bukan mendustai manusia, tetapi mendustai Allah."
    +++
    13:2 Pada suatu hari ketika mereka beribadah kepada Tuhan dan berpuasa, berkatalah Roh Kudus: "Khususkanlah Barnabas dan Saulus bagi-Ku untuk tugas yang telah Kutentukan bagi mereka."
    ===

    BalasHapus